Sabtu, 27 Februari 2016

Teori dari San Sha, 
Tai Sui, dan Sui Po

Joey Yap dan Bill Clement
Juli 1999

Setiap tahun, arah tertentu dianggap menguntungkan karena  dapat mengerahkan pengaruh jahat umumnya disebut sebagai Sha Qi. Disebut sebagai San Sha, Tai Sui, dan Sui Po, pertanda ini dari arah dan lokasi perubahan Sha Qi per tahun, perubahan bertepatan dengan Li Chun, tanggal awal tahunan Kalender Hsia.

Namun, efek menguntungkan umumnya hanya akan terwujud dalam keadaan tertentu, seperti ketika bumi terganggu. efek merugikan tidak akan terjadi tanpa sebab.

Sha ini arah dianggap oleh beberapa Feng Shui Masters menjadi hal yang sangat penting dalam aplikasi Feng Shui. Namun, tidak semua Feng Shui Master berlangganan validitas teori San Sha, Tai Sui, dan Sui Po. Seperti banyak aspek feng shui, teori ini kontroversial, beberapa menyatakan bahwa teori-teori yang berbasis di fenomena asli, orang lain yang menyatakan bahwa teori-teori yang berbasis di tempat psuedo-teoritis.

Teori San Sha, Tai Sui, dan Sui Po berasal dari sistem San He dari Feng Shui dan dimasukkan ke dalam sistem San Yuan Feng Shui selama akhir Dinasti Ming.

San He, salah satu sekolah traditonal utama feng shui, menggunakan konsep Empat Pilar untuk membaca feng shui. San He secara harfiah diterjemahkan sebagai Tiga kesatuan atau Tiga Kombinasi. Karena nama sistem ini sama dengan rumus untuk menentukan San Sha, akan terlihat bahwa hubungan ini sangat penting untuk gaya feng shui.

Untuk memahami ketiga komponen dari Qi, pemahaman informasi penting yang spesifik mengenai suatu tahun tertentu merupakan prasyarat. Ini termasuk pengetahuan tentang 12 Cabang Bumi, 24 Mountains, dan Lima Elemen. Juga perhatikan bahwa aspek 12 Cabang dan 24 Pegunungan grafik yang dipertukarkan, meskipun sangat berbeda.

Faktor utama yang terlibat dalam mengenali lokasi San Sha, Tai Sui, dan Sui Po adalah Cabang of the Year. Faktor ini akan menentukan semua posisi tahunan mereka.


12 Cabang Bumi
[Courtesy of Ray Langley, © 1999, All Rights Reserved]


24 Gunung
[Courtesy of Ray Langley, © 1999, All Rights Reserved]

San Sha

Teori San Sha berasal dari Gua (heksagram / Trigram) dari Yi Jing. Dasar dari San Sha berada di San Dia yang mengacu pada tiga Cabang terlibat dalam membentuk San Sha.

San Sha umumnya disebut sebagai Three Sha, Three dedemit atau Tiga Pembunuhan. San Dia Masters mempertimbangkan San Sha sebagai komponen yang paling berbahaya dari Sha Qi ketika memeriksa Feng Shui.

San Sha dialokasikan untuk tiga Pegunungan terpisah dan dipisahkan dalam salah satu dari empat arah mata angin kompas. Ketiga Mountains, disebut sebagai San Sha Mayor, setiap span seluruh 15º Gunung yang mereka tempati. Tapi tiga Gunung ini tidak berdekatan satu sama lain, dipisahkan oleh dua Mountains sekunder, San Sha kecil, kadang-kadang juga disebut sebagai "duduk sha" karena, meskipun tidak secara teknis bagian dari San Sha, mereka duduk dengan San Sha.

Efek yang diberikan pada dua Mountains sekunder ini disebut sebagai Jia Sha (Pinch Sha) karena, karena mereka "terjepit" di antara Pegunungan jahat, tekanan merugikan diterapkan kepada mereka di kedua sisi dengan San Sha Mayor. Jadi, meskipun San Dia teknis menegaskan pengaruh merugikan tiga Gunung tertentu, mereka benar-benar menegaskan pengaruh merugikan lima Mountains.

San Sha berhubungan dengan tiga dari 12 Cabang Bumi pada suatu tahun tertentu. Ketiga Cabang berubah dengan kemajuan dalam arah Yang setiap tahun. Ketiga Cabang bukan San Sha, tapi menentukan posisi San Sha.

Tiga Cabang dibingkai sebagai trimurti, orang Cabang di setiap titik dari segitiga. Hubungan dari tiga Cabang Trinity ini disebut San Dia. Trinity ini adalah Bingkai dari San Sha.

Ada empat Frames berbeda dalam 12 Cabang. Masing-masing empat Frames khusus menampilkan sifat dari Element tertentu, baik Wood, Metal, Api, atau Air. Elemen dari Frames yang bertentangan dengan Elemen arah San Sha.

Tahun
elemen Bingkai
San Sha 
Arah
San Sha 
pegunungan
Tikus, Naga dan
Monyet
Bingkai airWu (South)Si - Wu - Wei
Kelinci, kambing dan
Babi
Bingkai kayuAnda (Barat)Shen - Anda - Xu
Tiger, Kuda dan
Anjing
Bingkai apiZi (Utara)Hai - Zi - Chou
Sapi, Ular dan
Ayam jantan
logam BingkaiMao (East)Yin - Mao - Chen

Empat Frames dari Cabang Dua Belas Duniawi

Pada suatu tahun tertentu, Frame ditentukan oleh Cabang of the Year. Posisi San Sha kemudian ditentukan oleh Bingkai tertentu. San Sha adalah tiga Cabang berlawanan Frame.

Satu Cabang di setiap Bingkai menempati lokasi Xing, arah kardinal kompas. Keempat Xing Istana adalah Wu, Anda, Zi, dan Mao, masing-masing ditugaskan ke Selatan, Barat, Utara, dan Timur.

Ini lokasi Xing adalah faktor yang menentukan lokasi tahunan San Sha. San Sha selalu menempati arah Xing bertentangan dengan yang masih ada arah Xing dalam Bingkai terkait dengan tahun. Pusat San Sha selalu berada di Utara, Selatan, Timur, atau Barat.

Tiga Cabang dari setiap frame yang diberikan juga ditugaskan pengaruh tertentu disebut sebagai Sui Sha, Jie Sha, dan Zai Sha, nama generik yang merujuk pada jenis tertentu dari Sha Qi mereka mengerahkan. Ia telah mengemukakan bahwa tiga nama Sui, Jie, dan Zai Sha adalah konvensi kemudian dirancang agar sesuai dengan gagasan San Dia. Rinciannya tidak benar-benar dalam nama.

Penugasan Cabang khusus untuk Sui Sha, Jie Sha, dan Zai Sha diselimuti kontroversi. Berbeda sekolah Empat Pilar memelihara interpretasi yang berbeda. Namun, mengamati bagan 12 Cabang Bumi, dimulai dengan Cabang Tahun dan bergerak dalam yang (searah jarum jam), umumnya dianggap bahwa:
[1] Sui Sha, komponen pertama dari San Sha, adalah murka Tai Sui.
[2] Jie Sha, komponen kedua dari San Sha, adalah Perampokan Sha, yang bertanggung jawab atas perampokan, pengkhianatan, dan pencabutan.
[3] Zai Sha, komponen ketiga dari San Sha, adalah Bencana Sha, yang bertanggung jawab membawa kecelakaan dan bencana.

Jie Sha dan Zai Sha tidak memberikan pengaruh jahat ke dalam istana itu sendiri. Mereka menggunakan pengaruh mereka ke San Sha. namun Sui Sha tidak memberikan pengaruh ke kedua istana yang menempati dan ke San Sha.

Pada dasarnya, keseluruhan Frame menguatkan Sha, memfokuskan Sha dari arah Xing untuk menyisipkan Qi ke Pegunungan San Sha.

Menyinggung atau mengganggu San Sha dapat menyebabkan berbagai tingkat efek termasuk penyakit dan cedera. efek kecil bisa berarti penyakit jangka pendek dan kehilangan uang. Efek medial bisa memerlukan cedera yang berhubungan dengan darah dan kehilangan kekayaan. efek ekstrim bisa memerlukan parah cedera, bencana, kemiskinan dan kematian.

Jika San Sha tidak terganggu mereka biasanya tidak masalah.

Hindari mengganggu bumi atau terlibat dalam renovasi atau konstruksi dalam arah San Sha karena ini adalah Fan Sha (menyentuh atau melawan Sha).Dianjurkan untuk menghindari San Sha, dapat diterima untuk menghadapi San Sha, tetapi tidak dianjurkan untuk duduk di San Sha ( "yi xiang bu yi zuo", Shen Shi Xuan Kong Xue, Volume 3, p 286) . Hal ini juga dianjurkan untuk memastikan bahwa ada bintang tahunan atau bulanan baik di San Sha dan untuk memilih tanggal yang tepat dari Tong Shu jika perlu untuk melakukan pembangunan atau renovasi arah San Sha.

Hal ini juga disarankan untuk tidak terlibat dalam konstruksi baru dari bangunan itu, selama tahun tertentu, duduk di San Sha.

Dalam tahun Zi, sebuah bangunan dengan duduk Zi adalah diterima menghadapi San Sha, tapi sebuah bangunan dengan Zi menghadap (duduk di kedua Si, Wu, atau Wei) adalah detrimentally duduk di San Sha.

Juga, ketika San Sha adalah di pintu masuk ke gedung, membuka dan menutup pintu dianggap gangguan. Obatnya adalah dengan menempatkan sepasang logam Qi Lin dalam atau di luar pintu.

Obat dapat digunakan untuk menundukkan atau mengalahkan efek dari San Sha. Jika San Sha terganggu, menempatkan logam antara bangunan dan gangguan. obat ini tetap sama dari tahun ke tahun dan dari Masa ke Masa.

Obat klasik adalah dengan menggunakan patung-patung hewan pelindung, baik Pi Xie (tokoh "untuk menangkal kejahatan") atau Qi Lin (Cina Unicorn). Ini biasanya terbuat dari logam, tanah liat, atau porselen. Untuk digunakan sebagai obat feng shui ada dua sekolah yang terpisah dari pemikiran: Menurut teori San Yuan cures harus terbuat dari logam karena merupakan Element, bukan figue sendiri, yang efek obatnya. Menurut teori San Dia, logam, tanah liat, dan porselen adalah bahan diterima, pertimbangan difokuskan pada representasi simbolis halus rinci dari gambar, Element aktual material bantalan pertimbangan kurang kritis.

Feng Shui Master di zaman kuno juga menganjurkan penggunaan God of War patung di lokasi San Sha karena, secara tradisional, San Sha diyakini sekelompok pencuri. Jika Anda duduk dengan mereka mereka akan merampok dan melukai Anda. Lebih baik untuk menghadapi mereka dari kejauhan daripada duduk dengan mereka. Guan Di, God of War, dengan semua kegembiraan dan kekuasaannya dapat dengan mudah menundukkan atau membuang semua tiga pencuri.

Tai Sui

Tai Sui, umumnya disebut sebagai Grand Duke of Jupiter, Grand Umum, atau Panglima Tahun, merupakan bintang berwujud yang selalu berhubungan langsung dengan dan menempati Cabang Tahun pada suatu tahun tertentu. Pengaruh merugikan dari Tai Sui meliputi seluruh 30º Cabang Tahun.

Orang dahulu mengamati efek dari sebuah bintang tidak berwujud dalam hubungan dengan posisi bintang yang nyata Sui Xing (planet Jupiter) sepanjang Belt Kuning. Bintang phantom berwujud ini diidentifikasi sebagai Tai Sui. Tapi sementara Tai Sui dalam hubungan dengan Sui Xing, Tai Sui bukan Sui Xing. Tai Sui bergerak dalam yang (searah jarum jam) arah di sekitar Sabuk Kuning.

Sui Xing, yang dikenal sebagai Tahun Star, melengkapi satu revolusi sidereal mengelilingi matahari di sekitar 11,86 tahun. Sui Xing bergerak dalam yin (berlawanan) arah di sekitar Sabuk Kuning.

Fenomena perkembangan dari Tai Sui dan Sui Xing di arah yang berlawanan menyebabkan posisi dari Tai Sui dan Sui Xing bertepatan dan menempati lokasi yang sama dalam hubungannya setiap 6 tahun.

Namun, perbedaan relatif ada. Tai Sui beroperasi pada siklus 12 tahun yang tepat dan Sui Xing beroperasi pada siklus 11,86 tahun. Konsekuensi dari perbedaan waktu ini adalah bahwa kira-kira sekali setiap seribu tahun +/- yang berurutan dari Sui Xing sebenarnya kemajuan satu cabang dalam perkembangan yin dalam hubungan dengan Tai Sui, sehingga mengubah urutan dan ketaatan konjungsi.

Tai Sui ini terkait dengan 12 Cabang Bumi. Maju dalam rotasi (searah jarum jam) yang dan beroperasi pada siklus 12 tahun, Tai Sui meliputi seluruh 30º Cabang Tahun. Tai Sui menentukan keberuntungan atau inauspiciousness tahun.

Tai Sui, meskipun meliputi salah satu dari tiga Cabang Frame of the Year, secara teknis tidak komponen dari San Sha. Namun, ketika Cabang Tahun sesuai dengan arah Xing Tai Sui menempati lokasi bertentangan dengan Gunung sentral dari San Sha.

Tai Sui sha lebih kuat dari Sui Po sha.

Menyinggung atau mengganggu Tai Sui dapat menyebabkan berbagai tingkat efek termasuk penyakit dan cedera. efek kecil bisa berarti kehilangan uang. Efek medial bisa memerlukan cedera yang berhubungan dengan darah dan kehilangan kekayaan. efek ekstrim bisa memerlukan luka parah, bencana, dan kematian.

Jika Tai Sui tidak terganggu biasanya tidak masalah.

Hindari mengganggu bumi atau terlibat dalam renovasi atau konstruksi dalam arah Tai Sui karena ini adalah Fan Sha (menyentuh atau melawan Sha).Jika Tai Sui tidak terganggu biasanya tidak masalah. Namun, disarankan untuk menghindari Tai Sui, dapat diterima untuk duduk dengan punggung Anda ke Tai Sui, tetapi tidak dianjurkan untuk menghadapi Tai Sui. Hal ini juga dianjurkan untuk memastikan bahwa ada bintang tahunan atau bulanan baik di Tai Sui dan untuk memilih tanggal yang tepat dari Tong Shu jika perlu untuk melakukan pembangunan atau renovasi arah Tai Sui.

Hal ini juga disarankan untuk tidak terlibat dalam konstruksi baru dari bangunan itu, selama tahun tertentu, menghadapi Tai Sui.

Dalam tahun Zi, sebuah bangunan dengan duduk Zi adalah diterima duduk di Tai Sui, namun sebuah bangunan dengan Zi dihadapi adalah detrimentally menghadapi Tai Sui.

Juga, ketika Tai Sui adalah di pintu masuk ke gedung, membuka dan menutup pintu dianggap gangguan. Obatnya adalah dengan menempatkan sepasang logam Qi Lin dalam atau di luar pintu.

Obat dapat digunakan untuk menundukkan atau mengalahkan efek Tai Sui. Jika Tai Sui terganggu, menempatkan logam antara bangunan dan gangguan. obat ini tetap sama dari tahun ke tahun dan dari Masa ke Masa.

Sui Po

Sui Po disebut sebagai Clash Tahun, Patah Tahun, atau Qi Sha (7 Sha karena itu adalah 7 Palace tahun menghitung dari dan termasuk Cabang Tahun).Sui Po juga merupakan bintang berwujud yang selalu diametris menentang Tai Sui. Pada suatu tahun tertentu, Sui Po selalu menempati Cabang dikenal sebagai Clash Tahun, yang selalu berhadapan langsung dengan Tai Sui. Pengaruh merugikan dari Sui Po meliputi seluruh dari 30º dari Clash Tahun.

Sui Po terkait dengan 12 Cabang Bumi. Maju dalam rotasi (searah jarum jam) yang dan beroperasi pada siklus 12 tahun, Sui Po meliputi seluruh 30º dari Clash Tahun.

Sui Po bukanlah komponen dari San Sha. Namun, ketika Tahun Cabang, dan selanjutnya Tai Sui, sesuai dengan arah Xing Sui Po menempati lokasi yang sama dengan Gunung sentral dari San Sha. Kombinasi interaktif ini Sui Po dan San Sha senyawa jahat untuk menggunakan pengaruh merugikan tambahan ke gunung tertentu yang terkena dampak.

Juga, Sui Po telah keliru dikaitkan dalam beberapa konvensi sebagai Sui Xing. Tapi, Sui Po tidak Sui Xing. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa Sui Po, sebagai Tai Sui, beroperasi pada siklus 12 tahun yang tepat, sementara Sui Xing beroperasi pada siklus 11,86 tahun, dan bahwa mereka kemajuan dalam arah yang berlawanan.

Sui Po sha lebih lemah dari Tai Sui sha, tapi mengganggu San Sha dapat menyebabkan kematian bila dikombinasikan ke dalam Clash Tahun dengan Sui Po.

Jika Sui Po tidak terganggu biasanya tidak masalah.

Hindari mengganggu bumi atau terlibat dalam renovasi atau konstruksi dalam arah Sui Po karena ini adalah Fan Sha (menyentuh atau melawan Sha).Dianjurkan untuk menghindari Sui Po, dapat diterima untuk menghadapi Sui Po, tetapi tidak dianjurkan untuk duduk di Sui Po karena sangat disayangkan untuk diri anda sebagai menentang tahun. Hal ini juga dianjurkan untuk memastikan bahwa ada bintang tahunan atau bulanan baik di Sui Po dan untuk memilih tanggal yang tepat dari Tong Shu jika perlu untuk melakukan pembangunan atau renovasi arah Sui Po.

Hal ini juga disarankan untuk tidak terlibat dalam konstruksi baru dari bangunan itu, selama tahun tertentu, duduk di Sui Po.

Dalam tahun Zi, sebuah bangunan dengan duduk Wu diterima menghadap Sui Po, tapi sebuah bangunan dengan Wu dihadapi adalah detrimentally duduk di Sui Po.

Juga, ketika Sui Po adalah di pintu masuk ke gedung, membuka dan menutup pintu dianggap gangguan. Obatnya adalah dengan menempatkan sepasang logam Qi Lin dalam atau di luar pintu.

Obat dapat digunakan untuk menundukkan atau mengalahkan efek dari Sui Po. Jika Sui Po terganggu, menempatkan logam antara bangunan dan gangguan. obat ini tidak berbeda dari tahun ke tahun atau dari Masa ke Masa.

5-Yellow Star

Meskipun 5-Yellow Star tidak terkait dengan San Sha, Tai Sui, atau Sui Po, perlu dicatat bahwa hal itu juga diberikannya efek merugikan salah satu Istana dari Gua Ba. Lokasi tahunan bintang 5-Kuning juga harus dipertimbangkan sebagai arah Sha.

5-Yellow Star, terkait hanya dengan San Yuan, adalah terkait dengan Luo Shu. Bintang 5-Kuning dikaitkan dengan pengaruh yang sangat jahat dan efek merugikan. Ketika diaktifkan oleh bentuk-bentuk yang tepat 5-Yellow Star dapat menyebabkan bencana ekstrim dan kemalangan.

Prasyarat untuk memahami Bintang Tahunan adalah pengetahuan tentang Luo Shu dan progresi berikutnya rumus-rumus matematika yang terkait.

Bintang Tahunan, terkait dengan waktu dan perubahan berikutnya terjadi dari waktu ke waktu, adalah pertanda baik Sheng dan Sha Qi tergantung pada sifat dan ketepatan waktu dari bintang tertentu. Bintang-bintang ini mengubah lokasi setiap tahun, perubahan bertepatan dengan Li Chun, tanggal awal tahunan Kalender Surya Cina.

Lokasi tahunan bintang 5-Yellow ditentukan oleh rumus matematika. Bintang-bintang terbang dalam perkembangan yang dari Luo Shu, tetapi dalam urutan menurun (yaitu, istana yang ditempati oleh 5 bintang tahun ini akan ditempati oleh 4 bintang tahun depan). Beroperasi pada siklus 9 tahun, 5-Yellow Star meliputi seluruh 45º dari masing-masing 8 Istana dari perimeter Luo Shu, tapi tidak seperti San Sha, Tai Sui, dan Sui Po, 5-Yellow Star juga akan menempati Palace Central sekali setiap 9 tahun.

Ringkasan Contoh

1999 - Mao, Tahun Kelinci
Tai Sui menempati Mao Cabang di Timur
Sui Po menempati Cabang You di Barat
San Sha menempati Shen Mountains, You, dan Xu di Barat
Jia Sha menempati Geng Mountains dan Xin di Barat
5-Yellow Star menempati Api Palace Li di Selatan

2000 - Chen, Tahun Naga
Tai Sui menempati Chen Cabang di Timur
Sui Po menempati Xu Cabang di Barat
San Sha menempati Si Mountains, Wu, dan Wei di Selatan
Jia Sha menempati Bing Mountains dan Ding di Selatan
5-Yellow Star menempati Istana Air Kan di Utara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar